Friday, October 15, 2010

MANFAAT MAKAN BAWANG PUTIH DAN MINUM AIR PUTIH


Tahukah Anda akan manfaat Garlic atau Bawang Putih?

Garlic atau bawang putih (Allium Sativum) sudah dikenal sejak lama oleh manusia. Bawang putih dikenal karena memiliki seribu khasiat untuk tubuh karena selain berfungsi untuk melezatkan makanan, juga dapat diproduksi dalam bentuk suplemen sebagai obat-obatan. Tahukah anda bahwa ada 400 jenis bawang putih/garlic di dunia, tapi yang baik dan bermanfaat bagi manusia hanya 6 jenis.

Manfaat garlic atau bawang putih antara lain:
Sebagai Anti Oksidan untuk menangkal radikal bebas. Bersifat Anti Mikroba, Anti Virus, dan Anti Jamur. Dapat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Mengurangi pembentukan penggumpalan darah di dalam pembuluh darah. Membantu mengatur kadar kholesterol, lemak darah, dan tekanan darah sehingga membantu kesehatan otot-otot jantung.

Garlic mengandung sulfhydryl (sulfur dan hydrogen) yang berguna mengikat racun dari logam berat sehingga bisa dibuang dari tubuh.


Bagaimana dengan BAWANG PUTIH LANANG (Bawang putih yang berumbi tunggal) ?
Garlic belongs to Liliaceae (Lily family). It is a perennial herb that is maybe native to Central Asia, Kyrgyzstan. The original habitat is obscure. This herb has been cultivated from the ancient days, and it was used as food in Egypt about 3000 BC. This herb was introduced into Japan in Nara Era (about 1300 years ago). The bulb is diveded into several cloves and sends out some flat corded leaves. The spherical cluster is borne on the flowering stalk and bloom pale pink flowers from May to June. The bulbs contain glycosides - allyl sulfide compound that yield characteristic odor on hydrolysis. The bulbs are used as a flavouring in wide range of foods.

Bawang Lanang Memang Manjur dan Ampuh

Bawang putih yang berumbi tunggal berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi, dan biasa dikonsumsi dalam bentuk acar untuk mengurangi bau khas yang dimilikinya. Sebenarnya zat yang terkandung di dalam bawang putih tidak berbau, namun karena terurai berkat dorongan enzim alinase, bawang putih menyebarkan bau khas ketika diiris atau dihaluskan. Ada bermacam-macam zat yang terkandung dalam bawang putih.

Zat-zat tersebut menjadikan bawang putih lanang dapat berfungsi :
-Membangkitkan stamina tubuh.
-Memperbaiki performa maskulin pria.
-Mencegah flu.
-Menghilangkan cacing perut.
-Mengobati rematik dan nyeri sendi.
-Meredakan insomnia.
-Menyeimbangkan kadar kolesterol dan kanker.
-Mengaktifkan pertumbuhan sel-sel baru.
-Membersihkan penyumbatan pembuluh darah penyebab stroke dan serangan jantung.
-Menyegarkan tubuh dengan mendorong terbentuknya sel-sel darah baru.
-Memerangi penyakit degeneratif seperti darah tinggi, jantung koroner, dan diabetes.
-Membersihkan rahim dengan banyak menampung oksigen lebih banyak dan meremajakan sel-sel dinding rahim.

Bagaimana Cara Mengkonsumsi Bawang Putih Agar Menyehatkan Bagi Tubuh???

Sebelum di konsumsi, bawang putih yang bersiung tunggal (bawang lanang) terlebih dahulu direndam madu dan dimasukkan dalam botol kaca yang ditutup rapat. Setelah direndam selama dua minggu bawang putih tersebut dapat dikonsumsi, setiap harinya cukup satu biji. Selain .dapat meningkatkan stamina, mengkonsumsi bawang putih dapat berkhasiat sebagai anti inveksi bagi tubuh, apalagi bagi yang sudah berkeluarga, dijamin menambah kebahagiaan keluarga.



Bagaimana Dengan Air Putih? Apa Manfaat dari Minum Air Putih dan Makan Bawang Putih?
 
Minum air putih setiap hari? Lakukan, bila ingin sehat. Air merupakan komponen utama dari tubuh, rata-rata tiap orang memiliki 80% air dari berat tubuhnya. Semua sistem didalam tubuh tergantung oleh air. Kurangnya air dalam tubuh dapat menyebabkan dehidrasi, yaitu keadaan yang timbul karena tubuh kekurangan air sehingga tidak dapat menjalankan fungsi normalnya.Karena besarnya manfaat minum air putih bagi tubuh, Bupati Sragen, Untung Wiyono dalam berbagai kesempatan selalu menganjurkan kepada seluruh jajaran pegawai di Pemkab Sragen, untuk meminum air putih di waktu pagi hari. Bupati sendiri setiap pagi selalu meminum air putih. ”Saya setiap pagi sebelum makan selalu minum air putih, hasilnya, buang air besar pun lancar” tutur Bupati.

Manfaat minum air putih dan bawang putih dibenarkan kan oleh dr. Indarsih, staf Klinik Holystik di lingkungan Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Sragen. Menurut dr, Indarsih, minum air putih sangat penting sekali, karena 80% tubuh manusia terdiri dari air.

Jatah minum air putih bagi manusia normal idealnya minimal 2 liter sehari atau 8 gelas dalam sehari. Apa yang terjadi bila tubuh kekurangan air ? tubuh akan mengalami dehidrasi. Pada tingkat dehidrasi yang parah, tubuh akan menyeimbangkan diri.

Caranya…? Dengan jalan “menyedot” air dari komponen tubuh sendiri, yakni dari darah. Darah yang disedot komponen airnya, akan menjadi kental. Akibat pengentalan darah ini, maka sirkulasinya menjadi kurang lancar, dibanding darah yang encer. Akibatnya saat melewati ginjal (tempat menyaring racun dari darah), ginjal akan bekerja extra keras menyaring darah.

Karena saringan dalam ginjal halus, tidak jarang darah yang kental bisa menyebabkan perobekan pada glomerulus ginjal. Akibatnya, air seni akan berwarna kemerahan, tanda mulai bocornya saringan ginjal.

Nah, saat darah kental mengalir lewat otak, perjalanannya menjadi agak terhambat. Otak tidak lagi “encer”, dan karena sel-sel otak adalah yang paling boros mengkonsumsi makanan dan oksigen, Lambatnya aliran darah ini bisa menyebabkan sel-sel otak cepat mati atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya.Yang tak kalah penting dari air putih adalah bawang putih, selain sebagai anti inveksi bagi tubuh, ditambahkan oleh dr. Indarsih, bawang putih dapat mengantisipasi penggumpalan kolesterol dalam pembuluh darah. Sedangkan madu berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan dan menambah vitalitas. Kenapa bawang putih harus dicelupkan dengan madu, menurut dr. Indarsih, karena untuk mengurangi aromanya yang menyengat. “Bila telah direndam dengan madu terlebih dahulu akan dapat mengurangi iritasi pada lambung” jelas dr. Indarsih

Galic Plant Picture taken from Shu Suehiro (web address) or Ninnik Picture  (for emailing her) 
Article taken from Edwin MS and Sragen News

2 comments :

  1. blog ini sangat bermanfaat,,, semoga bisa di laksanakan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, atas komennya. Memang blog yang sederhana ini dibuat untuk membantu masyarakat Indonesia sehat

      Delete

Note: Only a member of this blog may post a comment.