Sunday, April 8, 2012

Si Biru Bunga Telang - Butterfly pea flower aka Clittorea Ternatea Dan Khasiatnya




Salah satu tanaman merambat yang cukup menarik untuk ditanam di halaman belakang adalah tanaman Kembang Telang yang umumnya memiliki warna biru cemerlang.  Kembang  Telang atau Bungan Teleng (bhs Bali) atau yang umum juga dikenal dengan nama  Butterfly pea (Clitoria ternatea), memiliki bentuk bunga yang sangat menarik mirip Kupu-kupu yang sedang mengembangkan sayapnya. Walaupun warna yang paling umum kita temukan di Indonesia adalah yang berwarna biru terang, namun sebenarnya tanaman ini juga memiliki variant yang berwarna lain, seperti putih, ungu dan pink. Kebanyakan kembang telang memiliki helai bunga selapis, namun ada juga yang berlapis (ruffle). Ukurannya bunganyapun ada yang besar dan ada juga yang kecil.



Tanaman ini juga digunakan secara traditional untuk mengobati sakit mata ataupun untuk mempercerah penglihatan, dan mungkin karena kegunaannya itulah maka tanaman ini disebut dengan bunga telang atau teleng yang artinya ‘ jelas  ‘ (dalam konteks penglihatan).  Di Bali, bunga telang ini juga banyak dimanfaatkan untuk menghias canang yang dipergunakan dalam melakukan persembahyangan.

Cara Tanam
Menanam tanaman ini cukup memanfaatkan bijnya. Biji yang dapat ditanam adalah biji keering yang berwarna coklat/ hitam, mirip kacang kedelai hitam. yang menandakan biji tersebut sudah tua dan siap tanam. Cara menanamnya cukup mudah dengan ditebar di atas tanah atau polibag plastik, lalu biji ini mulai berkecambah setelah 2-3 hari ditanam dan akan tumbuh memanjang setelah 3-6 hari ditanam dan tidak membutuhkan perawatan khusus karena pada dasarnya tanaman ini adalah tanaman perdu (liar).

 Secara umum Tanaman ini tumbuh baik pada suhu lingkungan yang panas dan lembab. Tanaman menyukai sinar matahari penuh namun masih cukup torent jika kita tanam merambat di pohon pohon penaung. Sangat cocok untuk dirambatkan di pagar halaman belakang. Untuk memastikan agar tanaman ini subur dan berbunga banyak, kita perlu beberapa kali melakukan pemotongan  tangkainya untuk merangsang pertumbuhan tangkai sulur yang baru yang penuh bunga. Biji akan mulai keluar setelah 4-6 minggu masa penanaman.Bentuk selongsong benih seperti kacang kapri dengan panjang 5-12 cm, dalam satu selongsong benih dapat berisi 5-10 biji. setelah matang akan berwarna kecoklatan dan merekah (Hean Chooi Ong,2006)

Kandungan Biokimia pada Bunga Telang

Pigmen pada bunga secara garis besar dibedakan menjadi tiga yaitu flavanoids, carotenoids, dan betalains (Tanaka et al. 2005) dengan kandungan biokimia sebagai berikut :

Kadar senyawa aktif mahkota Bunga Belang galur liar 




Morfologi dan Kandungan Biokimia  

  


Kandungan Biokimia 





Manfaat Bunga Telang

Bunga Telang diduga berkhasiat sebagai tonikum otak yang sangat baik dan berguna untuk mengatasi infeksi mata dan tenggorokan, penyakit kulit, gangguan urinaria, sariawan mulut atau ulcer dan keperluan anti racun (Malabodi dan Nataraja, 2001)

Kacang bunga Telang telah dipercayai turun temurun berkhasiat untuk melebatkan dan menghitamkan rambut. Kacang bunga telang juga dapat mengilatkan dan menyuburkan rambut dan membersihkan kulit kepala. Rebusan akar bunga telang bermanfaat untuk bersih darah, obat kepikunan, laksatif, diuretik dan perangsang muntah. Efek smaping pemakaiannya kolik (keram perut), sedangkan efek over dsoisnya adalah turunnya kesadaran disertai kesadaran disertai rasa gelisah dan kehilangan daya ingat (Malabodi dan Nataraja, 2001).

Daunnya dapat dimakan sebagai lalap maupun pakan ruminangsia, tumbukan daunnya bermanfaat untuk mempercepat pematangan bisul, bermanfaat sebagai obat batuk jika diformulasikan dengan bawang merah dan adas pulosari (Herman 2005).

Bunganya yang berwarna biru dapat digunakan untuk pewarna makanan. Bunganya direndam dalam air panas dan diminum seperti teh untuk mengurangi sakit akibat ulcer mulut dan perawatan insomnia. Menurut (Herman 2005) air rendaman bunganya dapat digunakan untuk obat tetes mata pada penderita


http://nimadesriandani.wordpress.com/2011/06/25/kembang-telang-si-bunga-kupu-kupu-biru/
http://nazusyifa.blogspot.com/2011/05/bunga-telang-butterfly-pea-flower-aka.html

4 comments :

  1. Apakah ada yang menjual bunga telang dalam bentuk kering? Dimana saya bisa membelinya? terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kami menyediakan berbagai macam kebutuhan anda mengenai kembang Teleng /Bunga Teleng
      1. Bibit benih (Biji) yang dikemas dan berisi : 100 biji, 200 biji dan 500 biji atau lebih banyak lagi sesuai dengan permintaan/kebutuhan anda.
      2. Bunga Teleng kondisi segar (baru dipetik dari pohon) dalam kemasan berisi 200 bunga, 400 bunga, dan 500 bunga, atau lebih banyak lagi sesuai dengan permintaan/kebutuhan anda.
      3. Bunga Teleng yang sudah dikeringkan dalam kemasan, berisi 200 bunga kering, 400 bunga kering, dan 500 bunga kering, atau lebih banyak lagi sesuai permintaan/kebutuhan anda.
      4. Bibit pohon kembang teleng yang belum berbunga, usia pohon antara 2 - 3 bulan dengan ketinggian 20 cm- 30 cm
      5. Pohon Kembang Teleng yang sudah berbunga antara 1 – 4 bunga dan bunganya bisa langsung anda petik sendiri.
      Silahkan bagi yang berminat dan ingin segera memiliki, hubungi kami melalui telepon/SMS ke nomor :
      081384824904
      BB :
      KC Nursery
      Christo

      DAPATKAN BERBAGAI MACAM KHASIAT DAN KEGUNAAN KEMBANG TELENG DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI ANDA....

      Delete
  2. Kami menyediakan berbagai macam kebutuhan anda mengenai kembang Teleng /Bunga Teleng
    1. Bibit benih (Biji) yang dikemas dan berisi : 100 biji, 200 biji dan 500 biji atau lebih banyak lagi sesuai dengan permintaan/kebutuhan anda.
    2. Bunga Teleng kondisi segar (baru dipetik dari pohon) dalam kemasan berisi 75 bunga, 100 bunga, dan 200 bunga, atau lebih banyak lagi sesuai dengan permintaan/kebutuhan anda.
    3. Bunga Teleng yang sudah dikeringkan dalam kemasan, berisi 200 bunga kering, 400 bunga kering, dan 500 bunga kering, atau lebih banyak lagi sesuai permintaan/kebutuhan anda.
    4. Bibit pohon kembang teleng yang belum berbunga, usia pohon antara 2 - 3 bulan dengan ketinggian 15 cm- 30 cm
    5. Pohon Kembang Teleng yang sudah berbunga dan bunga bisa langsung anda petik sendiri.
    Silahkan bagi yang berminat dan ingin segera memiliki, hubungi kami melalui telepon/SMS ke nomor :
    081384824904
    BB :
    KC Nursery
    Christo

    DAPATKAN BERBAGAI MACAM KHASIAT DAN KEGUNAAN KEMBANG TELENG DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI ANDA....

    ReplyDelete
  3. OMAH COLOMADU, juga menyediakan dan menjual kebutuhan Bunga Teleng Anda!!!!!!!!!!!!!!!
    1. bibit Biji siap ditanamkan..............................
    2. bibit tanaman yang umurnya 2 bulan (belum berbunga),siap dikirimkan keamlamat anda
    3.BUNGA TELANG Kering, sudah dikemas berisi 220 bunga, 445 bunga dan seterusnya....
    4. P0HON Bunga TELENG BERURMR 2_3 BULAN DAN ADA JUGA POHON BUNGA TELENG YANGSUDAH BERBUNGA............

    fRANSISKA aNNI
    omah colomadu : 081548649707

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.