Sunday, October 19, 2014

Beligo/Buah Kundur/Tung Kua dan Manfaatnya


Beligo adalah buah dari tanaman keluarga Cucurbitaceae. Beligo merupakan tanaman asli dari daerah tropis. Di Indonesia beligo dikenal dengan sebutan buah kundur dengan nama botaninya Benincasa hispida ( thunb.) Cogn.. Tanaman ini sebenarnya termasuk tanaman semusim. tetapi dapat bertahan lama bila dirawat dengan baik. Buah kundur tidak mengenal musim,tetapi biasanya akan berbuah baik pada musim kemarau. Saat musim hujan tiba. biasanya buah mudah busuk, sehingga sulit mendapatkannya di pasaran. 

Buah Kundur tergolong sayuran khas Cina, dan dinamai tung kua yang bermakna labu musim sejuk. Hal ini karena  buah kundur tua boleh disimpan dalam tempoh yang sangat lama. Oleh sebab itulah buah kundur yang masih segar boleh juga diperoleh pada musim sejuk. Buah ini dimanfaatkan di negara-negara Asia Tenggara. Namun, umumnya buah ini hanya digunakan untuk masakan Cina. Labu berbedak ini enak diolah menjadi sup atau sekadar direbus.Di Cina, sup tung kua dibumbui dengan lada, bawang putih.dan jahe. Kaldu yang digunakan adalah kaldu sapi. Selain sebagai sayur, buah kundur juga enak diolah menjadi manisan. Manisan kundur biasanya digunakan untuk pengisi roti manis.

Bang kundur biasanya ditanam dengan biji dan akan mengeluarkan hasil dalam masa 4-5 bulan. Buah kundur boleh didapati dalam pelbagai bentuk. Ada yang bulat tetapi bahagian pangkal dan hujungnya leper, ada bulat seperti bola dan ada berbentuk silinder panjang. Buah jenis silinder panjang ini boleh disimpan sehingga setahun selepas dituai.

Di Malaysia terdapat kundur Cina dan Kundur Jawa. Kundur Cina berkulilt licin manakala kundur Jawa berbulu.Akar buah ini dapat menahan pelbagai penyakit yang berasal dari dalam tanah. Ciri inilah yang menimbulkan ide untuk mencatumkan pokok tembikai atau tembikai madu dengan batang kundur supaya ia kurang diserang penyakit. Namun begitu, di Malaysia tidak terdapat kundur liar. Oleh sebab itu, kundur lebih banyak ditanam di kawasan yang tidak terlalu lembab seperti di Malaysia.Ada yang berpendapat tumbuhan kundur liar asalnya didapati di Jepun dan Jawa.

A. Gizi dan Manfaat Buah Kundur
a. Mendinginkan Tubuh
Air adalah komponen utama penyusun buah kundur. Air merupakan komponen gizi yang tidak menyumbangkan energi. tetapi keberadaannya sangat diperlukan oleh tubuh. Sekitar 75% tubuh kita tersusun oleh air. Karena itu, air diperlukan tubuh dalam jumlah banyak.
Air berguna untuk menjaga suhu tubuh. Tanpa asupan air yang memadai, tubuh tidak mampu menghadapi suhu lingkungan yang berubah-ubah. Air berperan sebagai pelarut makanan. Proses mencerna makanan, melarutkan. dan menyerap zat gizi sangat tergantung pada air. Oksigen yang kita hirup antara lain juga disumbang oleh air.
b. Kaya Serat dan Baik untuk Diet Rendah Kalori
Beligo adalah sayuran yang rendah kalori. Energi yang disumbangkan dari 130 gram beligo segar hanya sebesar 13 kcal. Bagi Anda yang sedang diet rendah kalori. cobalah menyantap beligo.
Selain rendah kalori, beligo juga banyak mengandung serat. Serat pangan sangat berguna untuk memperpanjang waktu kenyang Anda. Dengan kandungan serat yang memadai, penyerapan karbohidrat dan lemak akan berkurang karena serat dapat mengikat keduanya.
Selain itu. serat juga berguna untuk melancarkan pembuangan sampah tubuh menjadi tinja. Karena itu pula beligo baik untuk dikonsumsi oleh penderita hiperkolesterol dan hiperlipemia.
c. Menurunkan Kadar Gula Darah
Secara empiris. beligo sering digunakan sebagai obat untuk penurun demam, mengobati radang tenggorokan,dan menurunkan kadar gula dalam darah. Dalam percobaan laboratorium disebutkan bahwa beligo terbukti meyakinkan untuk menurunkan kadar gula pasien diabetes mellitus.
Penurunan kadar gula terjadi karena penurunan karbohidrat yang diserap oleh tubuh. Ihwal ini terjadi melalui dua mekanisme . yakni pengikatan karbohidrat oleh serat dan peningkatan reaktivitas insulin yang terjadi akibat fitokimia yang terdapat dalam beligo.
d. Anti-inflamasi
Beligo memiliki kemampuan untuk mencegah inflamasi. Bagi Anda penderita asma dan osteoartritis, beligo baik untuk dikonsumsi. Inflamasi dapat terjadi karena beberapa penyebab, di antaranya lain akibat alergi udara dan alergi makanan.Jika Anda sering mengalami gatal-gatal di kulit yang diduga akibat alergi,beligo akan membantu meringankan alergi yang Anda derita.


B. Efek Negatif Buah Kundur
a. Waspada Bagi Penderita Rematik
Beligo memiliki efek mendinginkan tubuh. Bagi penderita rematik. suasana dingin ditubuh malah akan menambah rasa nyeri. Karena itu, sebaiknya penderita rematik tidak terlalu banyak mengonsumsi beligo.

Jangan Dikonsumsi Bagi :
-Penderita rematik
-Penderita gangguan ginjal

b. Menyebabkan Iritasi di Mulut
Beligo muda banyak mengandung kalsium oksalat. tetapi semakin tua kandungannya semakin berkurang. Pada orang tertentu. kalsium oksalat akan menimbulkan iritasi di mulut mereka. Untuk mencegahnya, beligo yang akan diolah harus dibersihkan dari getah yang ada. Caranya. cuci buah beligo yang sudah dikupas dengan air garam yang dicampur dengan kapur sirih.

c. Menyebabkan Gangguan Ginjal 
Untuk mereka yang memiliki gangguan ginjal.kalsium oksalat yang berlebihan masuk kedalam tubuh akan membentuk batu ginjal. Karena itu, bagi mereka yang mempunyai gangguan ginjal tidak boleh mengonsumsi beligo terlalu banyak.

Catatan:
# Nama yang lain ialah Benincasa cerifera G. Savi.
# Di Malaysia buah kundur di kenali juga dengan beligu.
# Orang Jawa mengenalinya dengan nama beligo atau belonceng.
# Nama Inggeris untuk kundur ialah wax gourd, white gourd dan ash gourd.
Perkataan gourd merujuk kepada pelbagai jenis buah dalam famili Cucurbitaceae seperti peria (bitter gourd), labu (musky gourd), labu air (bottle gourd) dan sebagainya. Perkataan wax white dan ash merujuk debu putih yang terdapat pada kulit buah kundur.

Sumber:
http://ipbkpm.wordpress.com
http://wajahayu.blogspot.com/2010/01/khasiat-buah-kundur.html

No comments :

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.