Monday, November 3, 2014

VCO vs ASI, Sumber Nutrisi untuk Pertumbuhan Anak dan Bumil

Air Susu Ibu (ASI) adalah sumber nutrisi yang tidak diragukan lagi kualitasnya untuk kehidupan anak ditahun pertamanya. ASI merupakan anugerah Tuhan yang tidak ada bandingannya. Bukan hanya asupan gizi yang penting untuk pertumbuhannya namun ia juga mendapatkan zat imun sebagai penangkal dari berbagai penyakit.

Berbagai kajian tentang ASI juga membuktikan bahwa bayi yang mendapat ASI  lebih sehat dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI. Mereka memiliki formasi gigi yang lebih baik, mereka lebih tahan terhadap alergi, mempunyai fungsi pencernaan lebih baik dan lebih mampu melawan penyakit dan juga dimungkinkan memiliki intelegensia yang lebih baik.

Apa yang membuat ASI begitu ajaib?Hal ini dikarenakan kandungan MCFA-nya terutama asam laurat. Taukah anda bahwa asam laurat juga terkandung didalam VCO? Betul, VCO mengandung asam laurat (MCFA) sebesar 48%-52%. Oleh karena itu para ilmuwan berusaha mengembangkan makanan pendamping ASI yang mengandung  VCO.

Beberapa alasan memasukkan MCFA Virgin Coconut Oil (VCO) ke makanan pendamping ASI disebabkan karena MCFA dalam Minyak VCO memiliki kemampuan memperbaiki penyerapan dan fungsi pencernaan. Asam lemak ini juga membantu mengatur kadar gula darah. Fungsi penting lainnya adalah MCFA melindungi bayi dari mikroorganisme berbahaya. Selain ditambahkan ke makanan, MCFA juga bisa didapatkan bayi dari ASI, oleh karena itu ASI harus diberikan untuk bayi supaya pertumbuhannya optimal dan kebutuhan gizinya tercukupi.


Ibu Hamil & Menyusui

Proses kehamilan merupakan pengalaman yang menyenangkan bagi ibu-ibu yang sedang hamil, karena sedang mengandung kehidupan baru yang akan lahir kedunia. Namun kehamilan harus dijaga dari segala resiko yang bisa menyebabkan kecacatan sampai keguguran krn kehamilan rentan terhadap infeksi beberapa virus, seperti herpes virus dan cytomegalo virus. Dengan mengonsumsi VCO janin akan terlindungi dari kedua virus ini sehingga mengurangi resiko lahir cacat atau keguguran.

Anjuran orang tua jaman dulu untuk mengonsumsi minyak kelapa, ada benarnya karena minyak kelapa memiliki kandungan yang luar biasa. Selain mematikan berbagai mikroorganisme berbahaya kandungan MCFA dalam VCO juga memberikan energi yang dibutuhkan saat bayi mau lahir. Beberapa pengalaman menyebutkan bahwa konsumsi Minyak VCO saat ibu hamil memberikan pengaruh yang sangat baik untuk bayi, bukan saja saat di dalam kandungan bayi lebih sehat, namun ketika lahir bayi dalam keadaan sehat. Selain itu Minyak VCO membuat produksi  ASI menjadi lebih banyak dan lebih berkualitas.

 Sumber: http://www.vcosemeru.com/?Manfaat_dan_Khasiat_VCO
 http://www.informasiherbal.com/manfaat-dan-khasiat-minyak-kelapa-murni-virgin-coconut-oil-vco/
 http://healthimpactnews.com/2014/what-type-of-coconut-oil-is-best-how-to-choose-a-coconut-oil

No comments :

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.