Tuesday, April 17, 2012

Tarragon dan Manfaatnya

Catt : Artikel ini adalah terjemahan bebas dari artikel tentang Tarragon pada artikel sebelumnya, mengingat sedikit sekali ulasan tentang Tarragon yang berbahasa Indonesia. 

 Nama Latin: Atremisia Dracunculus.
Alternatif nama: Prancis: Tarragon, English: Tarragon, Jerman : Tarragon, Rusia : Tarragon, Dragon Mugwort, Estragon, Naga Kecil.
Ketersediaan: akar kering, bubuk, minyak, teh, rebusan

Nama Tarragon, terasa asing ketika orang Indonesia mendengarnya, namun tahukah anda bahwa ternyata tanaman ini adalah rempah-rempah yang termasuk dalam daftar "kudu" dalam masakan ala benua Eropa/Mediterranean cuisine sebagai Continental Spice. Tarragon juga merupakan herbal aromatik yang dianggap sebagai salah satu dari empat bahan bumbu terbaik di masakan Perancis tradisional, selain Daun Huni-Chervil (French Parsley - Chervil  coulis - Anthriscus cerefolium) , Bawang Putih (Regular Chives) dan Peterseli (Parsley - Carum Roxburghianum Benth)



Tanaman asal Eropa Selatan ini dapat digunakan dalam bentuk segar maupun kering. Aroma khasnya dapat meningkatkan citarasa semua jenis hidangan, mulai dari seafood hingga olahan telur. Ya, olahan panggang, unggas, seafood dan telur terasa pas jika ditambahkan bumbu Tarragon. Sebagian orang menambahkan cincangan Tarragon ke dalam saus Mayonnaise atau Bearnaise, dan hasilnya saus menjadi lebih istimewa rasanya.  [blognya Budiboga]

Tarragon herbal (Artemisia Dracunculus) tidak hanya menambah rasa lezat untuk makanan kita, tetapi juga memberikan manfaat obat ketika ditambahkan ke makanan. Riwayat penggunaan Tarragon sebagai obat diantaranya adalah ketika orang Yunani kuno mengunyah daun Tarragon untuk mengobati sakit giginya.

Tanaman Tarragon akan tumbuh baik di daerah tropis dengan sinar matahari penuh walaupun dapat mentolerir tempat teduh parsial juga. Tanaman ini lebih menyukai kondisi pertumbuhan kering tanpa penyiraman yang berlebihan. Tanaman ini berhenti tumbuh di musim dingin dan lebih memilih tanah ringan didukung oleh sistem drainase yang tepat.
  
Tarragon mengandung tannin, cineol, coumarin, flavonoid, ocimene, estragole, minyak volatile dan ocimene.Sifat terapeutik dari ramuan ini adalah deodoran, vermifuge, pencernaan, stimulan, beralkohol, emenagogue dan anti-rematik. Tarragon juga merupakan sumber yang kaya vitamin seperti vitamin C, vitamin B-kompleks (riboflavin, piridoksin, folat, niasin), dan vitamin-A.(lihat tabel Nutirious Food dibawah.)

Rasa Tarragon yang khas menyegarkann dan memiliki sifat yang sangat mirip seperti Adas,getir dan manis, telah menyebabkan banyak orang untuk mempelajari manfaat Tarragon yang menenangkan dan yang sarat dengan manfaat kesehatan lainnya seperti detoksifikasi. Tarragon juga membantu dalam menghilangkan racun yang cenderung  tinggal pada sendi dan anggota tubuh lainnya, juga mencegah masalah penuaan dini pada wanita.

Manfaat kesehatan lain dari  minum empat cangkir teh Tarragon  sehari secara teratur dapat mencegah adhesi platelet dan agregasi yaitu proses pembekuan (agregasi) platelet di dalam darah (thrombosis). Tarragon juga merupakan perangsang nafsu makan yang baik dan dapat digunakan untuk mengobati sakit perut. Selain anti-oksidan, vitamin dan mineral yang tinggi, Tarragon juga memiliki zat berharga yang bernama phyto-nutrisi (Phytokimia), yaitu zat yang bertindak sebagai system kekebalan alami tumbuhan, (biasanya ada pada kulit buah-buahan seperti apel dan pear) dan ini berefek juga bagi kesehatan manusia. Karena kaya akan Phyto-nutrient dan antioksidan maka Tarragon dapat menenangkan rasa sakit menstruasi, sakit perut, kelelahan mental, mual dan muntah. Tanaman ini memiliki kapasitas untuk menyembuhkan nyeri lutut dan nyeri otot pada wanita usia lanjut. 

Seperti disebut diatas, Tarragon digunakan sebagai obat yang efektif untuk sakit gigi sejak zaman Yunani kuno dulu. Minyak yang diekstrak dari ramuan ini juga meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, yang membantu berlimpahnya pasokan oksigen, nutrisi, hormon dan enzim lainnya untuk seluruh bagian tubuh. Ini juga membantu dalam hal distribusi jumlah oksigen yang tepat , hormon, nutrisi dan enzim ke seluruh jaringan tubuh. Meminum minyak ini akan mengurangi satu dari sekian banyak gejala sakit gigi dan cegukan. Tarragon juga berguna untuk pencernaan dan membantu memerangi gejala-gejala gangguan pada sistem pencernaan lamban. Hal ini sangat penting untuk mendorong produksi empedu oleh hati dan membantu berfungsinya sistem kerja pencernaan. Minyak Esensial Tarragon juga merangsang nafsu makan dan mendukung berfungsinya organ-organ tubuh lainnya.


Tarragon herb (Artemisia dracunculus), dried,
Nutritional value per 100 g.
(Source: USDA National Nutrient data base)
 
Principle Nutrient Value Percentage of RDA
Energy 295 Kcal 15%
Carbohydrates 50.22 g 38%
Protein 22.77 g 40%
Total Fat 7.24 g 24%
Cholesterol 0 mg 0%
Dietary Fiber 7.4 g 19%

Vitamins


Folates 274 mcg 68.5%
Niacin 8.950 mg 56%
Pyridoxine 2.410 mg 185%
Riboflavin 1.339 mg 103%
Thiamin 0.251 mg 21%
Vitamin A 4200 IU 140%
Vitamin C 50.0 mg 83%

Electrolytes


Sodium 62 mg 4%
Potassium 3020 mg 64%

Minerals


Calcium 1139 mg 114%
Copper 0.677 mg 75%
Iron 32.30mg 403%
Magnesium 347 mg 87%
Manganese 7.967 mg 346%
Zinc 3.90 mg 35%

Nah, ternyata rempah-rempahan seperti Tarragon selain menyedapkan untuk masakan, juga menyehatkan ya? Bagaimana menurut anda?

http://budiboga.blogspot.com/2006/05/mengenal-jenis-dan-kegunaan-bumbu.html
Http://www.theherbdepot.com/id/standard/tarragon_tarragon_2043.html
http://www.nutrition-and-you.com/tarragon-herb.html

No comments :

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.