Friday, April 20, 2012

Alternatif Peningkat Hormon Estrogen pada Wanita


 
Ada beberapa alasan yang membuat seseorang ingin meningkatkan kadar estrogen. Beberapa alasan tersebut meliputi :
·         rusaknya kelenjar pituitari sehingga seseorang memerlukan estrogen ekstra untuk menyeimbangkan hormon sistem reproduksi.
·         saat seorang wanita ingin hamil tapi dokter mengatakan bahwa kadar estrogennya terlalu rendah.
·         Banyak wanita juga memerlukan hormon estrogen selama menopause.
·         untuk membantu mengatur periode menstruasi para wanita.
Apapun masalahnya, estrogen adalah hormon reproduksi wanita yang paling penting dan mengatur banyak hal dari kehamilan hingga memori. Berikut adalah efek dari hormon Estrogen yang tidak seimbang :



- periode menstruasi menjadi tidak teratur
- nyeri saat haid
- kista pada rahim
- kulit mengering
- keriput bertambah
- rambut rontok berguguran
- tidur/kurang nyenyak tidur
- emosi tidak stabil
- osteoporosis
- pelupa
- tekanan darah tinggi
- penyakit jantung koroner
- tangan dan kaki terasa dingin, kesemutan
- kanker (terutama kanker payudara dan kanker rahim)

Cara Menyeimbangkan Hormon Estrogen Dalam Tubuh
Berikut adalah 5 tips untuk meningkatkan kadar hormon estrogen secara alami dalam tubuh kita:
1. Meningkatkan Berat Badan
Kekurangan gizi akan menghentikan produksi estrogen dalam tubuh. Berat badan yang rendah (persentase lemak yang rendah) akan menurunkan produksi hormon yang amat penting ini. Berkonsultasilah dengan ahli gizi mengenai berat badan serta kebiasaan makan Anda, untuk menentukan apakah berat badan menjadi faktor berkurangnya produksi estrogen.

2. Kurangi Stress

Kurangilah beban pikiran yang menimbulkan stress dengan memperbanyak rekreasi, istirahat dan berolah raga. Stress dapat membuat ketidakseimbangan hormonal dalam tubuh sehingga menyulitkan ovulasi.

3. Perbanyak makanan yang mengandung Phytoestrogen

 

Menurut beberapa penelitian, makanan alami yang mengandung zat  Phytoestrogen seperti kedelai bisa membantu menyeimbangkan produksi hormon estrogen. Phytoestrogen adalah senyawa tanaman yang berisi struktur kimia yang mirip estrogen. Phytoestrogen telah terbukti mengurangi resiko gejala kelebihan estrogen. Kacang-kacangan seperti kacang kedelai, daun semanggi merah, licorice, biji rami dikenal mempunyai kadar phytoestrogen yang tinggi. Namun untuk hasil terbaik, suplemen kedelai dan semanggi merah harus dimakan 2-3 kali setiap hari. Dengan  kata lain, dengan mengkonsumsi asupan teratur dari suplemen ini, tubuh akan mempertahankan tingkat estrogen yang normal. Namun perlu diingat, meskipun phytoestrogen melakukan pekerjaan dengan baik untuk melindungi wanita dari gejala kekurangan estrogen, phytoestrogen tidak dapat menggantikan estrogen ketika tidak cukup dan tidak bisa memperbaiki kekurangan hormon estrogen yang sudah parah.

4. Perbaiki Pola Makan

Kekurangan sejumlah vitamin dan mineral akan mengurangi kesuburan. Vitamin C, E dan B kompleks (terutama B6) sangat penting bagi pembentukan dan pengaturan kerja hormonal. Perbanyak makan buah-buahan dan sayuran yang kaya vitamin dan mineral serta biji-bijan yang mengandung lemak esensial seperti kedelai, kecambah dan kacang tanah.
Makanlah dengan pola makan seimbang dalam komposisi protein, karbohidrat dan lemaknya. Makanan yang tidak seimbang, misalnya terlalu banyak lemak, akan mengganggu keseimbangan

5. Minum Suplemen/Jamu

Pertimbangkan untuk menggunakan suplemen estrogen. Ini merupakan pilihan populer bagi orang-orang yang lebih memilih cara alami atau holistik untuk meningkatkan estrogen. Suplemen estrogen biasanya mengandung herbal dan protein yang membantu proses produksi estrogen dan hormon wanita lainnya, Beberapa jenis suplemen/jamu dipercaya dapat meningkatkan kesuburan. 

Sebagian orang Jawa percaya bahwa ramuan kunyit dan asam dapat memperbaiki kerja organ reproduksi wanita. Namun, hati-hati bila mengkonsumsi jamu tradisional, karena seringkali pemrosesannya tidak higienis sehingga mengandung aflatoksin (racun dari jamur tepung yang dapat menyebabkan gangguan fungsi hati/kanker hati).
Madu, bee polen dan royal jelly juga diyakini berisi berbagai zat yang bermanfaat bagi kesuburan wanita. Orang Cina memiliki ramuan akar Dong Quai (Ginseng Wanita) yang menguatkan rahim dan melancarkan kerja hormon. 

 Meskipun tidak ada alternatif herbal yang benar-benar meningkatkan kadar estrogen, herbal  alami seperti kacangan seperti kacang kedelai, daun semanggi merah, licorice, biji rami, kunyit asam,  dong quai, madu, beepolen royal jelly, dapat menyeimbangkan hormon estrogen yang adamerangsang produksi estrogen dan mengganti estrogen yang tidak lagi dip roduksi secara alami oleh tubuh.[]

http://oketips.com/10013/5-tips-meningkatkan-kadar-hormon-estrogen-pada-wanita/
http://majalahkesehatan.com/5-cara-alami-menambah-kesuburan-wanita/
http://articlestreet.com/health/alternative-medicine/natural-hormone-balance-for-women.html

No comments :

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.