Monday, November 29, 2010

Manfaat Lotus (Nymphaea Nelumbo)



LOTUS,  tanaman air abadi yang terkait dengan bunga lili air. Tumbuh di seluruh daerah tropis Asia dan Timur Tengah, dengan daun hijau muda dan bunga putih bersemangat.  Daun bisa tumbuh sangat besar di sungai, mencapai lebih dari 18 inci diameter. Mereka biasanya dikumpulkan pada musim panas dan musim gugur, dibersihkan, lalu dijemur dan potong-potong kecil. Dalam beberapa tata nilai di Timur, Lotus disimbolkan sebagai lambang kebersihan. Meskipun teratai tumbuh dalam sungai dan danau yang berlumpur, ia tetap dapat bersih.

Ahli botani yang mempelajari fenomena ini menemukan bahwa daun Teratai memiliki mekanisme pembersihan diri secara alami. Struktur mikroskopik dan kimia permukannya menyebabkan dedaunan Teratai tidak pernah dapat basah. Malah, butir-butiran air akan menggumpal pada permukaan daun seperti air raksa, mengambil lumpur, serangga dan bahan-bahan pengotor bersamanya. Fenomena ini dikenal sebagai efek Lotus.

Bunga Teratai (Nymphaea lotus L) adalah tanaman air yang sudah dibudidayakan bangsa Cina sejak 1200 SM. Selain keelokan bunganya, tanaman yang kerap disebut dengan bunga Seroja, Padma atau Lotus ini juga sarat manfaat. Umbi, daun, bunga dan biji teratai dipercaya dapat mengobati pendarahan, keputihan, sakit jantung, insomniadan batuk berdarah. Ingin tau lebih banyak? Berikut simak ulasan Budi Sutomo

Perlambang Kesucian
Bangsa Cina, Mesir , Yunani dan India menempatkan bunga Teratai sebagai perlambang kesucian. Beragam mitologi pun berkembang dari bunga teratai. Di Cina misalnya, Dewi Kwan Im, Dewi Welas Asih pelindung kaum miskin digambarkan selalu duduk dalam singgasana Bunga Teratai. Lain halnya di India, mekarnya bunga tratai menjadi perlambang pencapaian kesempurnaan menuju Nirwana dan di Mesir, Teratai melambangkan kelahiran kembali Dewa Osiris.


Ragam Manfaat
Hampir semua bagian tanaman teratai bisa digunakan sebagai bahan pangan

Lotus leaf atau daun Lotus atau daun Teratai
Daun teratai yang terasa sedikit pahit di lidah,sering dipakai dalam pengobatan tradisional Cina. Berdasarkan konsep pengobatan tradisional Cina, daun teratai dikaitkan dengan Hati dan meridian Limpa. Fungsi utama dari daun teratai adalah untuk menghentikan pendarahan dan memperkuat darah. Seperti sebagian besar bagian-bagian lain Teratai, daun Lotus digunakan untuk mengobati berbagai kondisi, mulai dari hematemesis (muntah darah) dan hematuria (darah dalam urin) untuk metorrhagia. Daun  ini juga bermanfaat untuk menurunkan panas, sakit kepala hingga diare. Jika daun dibakar (abunya) dapat menghentikan pendarahan pada paru-paru hidung dan rahim karena efek homeostatic yang dimilikinya. Sebuah bahan aktif dalam daun Teratai, Nuciferine, juga membantu mengurangi kejang otot. Selain manfaat di atas, daun teratai juga bersifat diuretic dan dapat mengobati diare. Dalam kuliner Cina, daun ini sering digunakan sebagai pembungkus makanan atau nasi agar baunya harum dan tahan lama

Berapa banyak daun Teratai yang harus saya ambil?
Dosis khas daun Teratai adalah antara 6 dan 12 gram direbus dalam air dan diminum sebagai suatu rebusan. dosis besar dapat diambil tergantung pada kondisi yang sedang dirawat.

Apa bentuk daun Teratai yang tersedia?
Kering, iris daun Teratai dapat ditemukan di toko-toko herbal banyak dan pasar Asia. daun Lotus juga tersedia dalam pil, bubuk dan bentuk kapsul.

Apa yang bisa terjadi jika saya mengambil daun teratai terlalu banyak? Apakah ada interaksi saya harus sadar? Apa tindakan pencegahan yang harus saya ambil?
Lotus daun dianggap sangat aman; American Asosiasi Produk Herbal telah memberikan peringkat kelasI, artinya dapat dengan aman dikonsumsi bila digunakan dengan tepat.

Biji
Selain daun, biji Teratai juga sumber pangan yang potensial karena kaya akan kandungan protein. Aneka kue, minuman atau puding lebih harum dan gurih dengan menambahkan biji teratai. Selain rasanya yang gurih, biji ini juga bermanfaat untuk kesehatan jantung, limpa dan ginjal. Efek astringen (mendinginkan & mengikat selaput lendir) yang dimiliki dimanfaatkan untuk mengobati diare kronik. Efek sedatif (menenangkan) yang dimiliki juga berguna sebagai obat insomnia dan palpitasi (detak jantung cepat).

Umbi
Umbi tanaman Teratai yang tertanam di dalam Lumpur juga sarat manfaat.
Umbi ini dapat diolah menjadi acar, tumisan, keripik, dodol atau aneka dessert lainnya. Jika rajin mengkonsumsi, Anda bisa terbebas dari demam, batuk berdarah, tekanan darah tinggi dan wasir karena umbi ini mengandung Mucilage( lendir) yang sarat manfaat.

Aroma
Banyak orang menanam teratai karena keindahan bunganya. Jarang orang tau, bunga Nirwana ini ternyata menyimpan beragam manfaat. Aromanya yang harum semerbak banyak digunakan dalam pengobatan energi bunga (flower’s Bach Remedies). Aroma Teratai dipercaya memiliki kekuatan yang dapat meningkatkan vitalitas dan mempunyai efek menenangkan.

Bunga
Rahasia kecantikan wanita Cina pun tak lepas dari bunga ini, berabad-abad yang lalu wanita Tiongkok menggunakan bunga, benang sari dan putik Teratai sebagai bahan baku masker untuk memuluskan wajahnya.

Pada tulisan ini, tidak ada interaksi obat dikenal terkait dengan daun teratai. Seperti biasa, pastikan untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan berlisensi sebelum mengambil daun teratai atau obat herbal atau suplemen diet.


Sumber :
Indonesia Herbal 
Woo Tekh Indonesia

No comments :

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.