Friday, January 22, 2016

Ampas Kelapa VCO - Galaktomen : Bagus Untuk Kesehatan

 Di luar negeri, fenugreek  merupakan sumber utama galaktomannan. Sayang, tanaman  itu tidak ditemukan di Indonesia. Namun jangan jecewa duku, menurut Heny  Herawati, dkk, dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Barat, galaktomannan juga bisa  diperoleh dari  ampas  kelapa sisa pengolahan minyak.  Limbah itu mengandung 61%galaktomannan, 26% manan, dan 13%selulosa.

Menurut Andi  Nur Alamsyah  MT, periset Balai Besar Teknologi Pascapanen Pertanian, Bogor, galaktomannan dapat diisolasi dari ampas  kelapa limbah pengolahan minyak  kelapa murni dengan cara  ekstraksi metanol. Ampas kelapa dicampur metanol di  dalam tangki reaktor dengan perbandingan  1:3. Campuran itu diaduk  selama 2 - 3 jam. Setelah ampas kelapa larut, didiamkan hingga terbentuk endap inan galaktomannan. Endapan itu kemudian  dipisahkan  dari  metanol. Agar  menjadi serbuk, endapan  dikeringkan dengan freeze dryer . Hasil percobaan  Andi, rendemen dari proses  ekstraksi ampas  kelapa  itu sebanyak 20%. Artinya, dari 100 kg ampas kelapa, menghasilkan 20 kg galaktomannan.

Galaktomannan dari ampas kelapa tak kalah  berkhasiat ketimbang fenugreek. Suryana Purawisastra MSc, periset  Pusat Penelitian dan Pengembangan Gizi dan Makanan Departemen Kesehatan, meneliti pengaruh isolat galaktomannan terhadap penurunan kadar kolesterol pada kelinci. Isolat  galaktomannan dibuat dengan 2 cara, yaitu isolasi galaktomannan murni dan menghilangkan kandungan senyawa mannan melalui fermentasi bakteri Bacillus subtilis.

Untuk percobaan itu, Suryana menggunakan kelinci  strain lokal silangan  Jawa Barat, berumur  3 - 4 bulan. Sebelum diteliti, kelinci diadaptasikan  selama  4 minggu dan diberi ransum standar (basal diet)berupa pelet yang biasa digunakan  bagi hewan  percobaan. Kemudian, seluruh  kelinci ditimbang, diperiksa keadaan fisik, dan  diambil  sampel darahnya  untuk mengecek kadar  kolesterol total, LDL, HDL, dan trigliserida. Selanjutnya kelinci dibagi menjadi  lima kelompok: kelompok I sebagai  kontrol, kelompok  II diberi salah  satu  obat penurun kolesterol yang beredar di pasar, kelompok  III  diberi isolat galaktomannan murni, kelompok  IV diberi  ampas  kelapa hasil fermentasi, dan kelompok V diberi ampas kelapa.

Hasil penelitian menunjukkan, isolat galaktomannan murni dari ampas  kelapa dapat mencegah kenaikan  kadar  serum kolesterol kelinci sebesar 7,3%setelah 26 hari, dan 13,2  %setelah 52 hari. Bandingkan dengan salah  satu obat penurun  kolesterol yang diperoleh di pasar. Ia hanya sanggup mencegah kenaikan kadar kolesterol  serum kelinci sebesar 6,6%setelah 26 hari, dan 9,2% setelah 52 hari. Selain itu, galaktomannan dapat mempertahankan kadar HDL darah. Mengkonsumsi galaktomannan aman bagi tubuh. Itu terlihat dari kondisi jantung, hati, dan ginjal kelinci kelompok  kontrol dengan kelinci  kelompok  yang mendapat  perlakuan di  akhir percobaan sama. Demikian juga dengan keadaan fisiknya.

Menurut Suryana, galaktomannan dapat  mempercepat sekresi empedu dan senyawa sterol yang bersifat netral;mengurangi rasio antara pembakaran dan penyerapan  lipid;dan menghambat sintesis  kolesterol. Oleh  sebab itu, galaktomannan dari ampas kelapa berpotensi  dikembangkan secara komersial. Dengan ditemukannya potensi khasiat galaktomannan pada ampas kelapa, tentu membawa harapan besar bagi produsen virgin coconut oil  (VCO) alias minyak kelapa  murni.

Kini angggota famili Arecaceae itu tak hanya bermanfaat minyaknya,  tapi limbah yang tercecer pun kini punya makna. Saat ini, harga 250  mg ekstrak  fenugreek berkadar 85% galaktomannan mencapai US$26,75 setara Rp250.000.

Galaktomannan berperan  sebagai  sumber serat makanan dan memicu pertumbuhan bakteri usus yang membantu pencernaan. Di Finlandia galaktomannan direkomendasikan sebagai  salah satu obat untuk  mengatasi hiperlipidemia alias kadar lemak darah tinggi. Seperti dikutip Duodecim Medical Publication , Finlandia, galaktomannan efektif menangkap  lemak dan mengubahnya menjadi gumpalan-gumpalan dan dibuang bersama feses. Galaktomannan juga ampuh menurunkan serum total kolesterol dan low density lipoprotein (LDL) kolesterol 10  - 15%.

Sedangkan kadar high density lipoprotein mom

No comments :

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.