Sunday, October 25, 2015

Manfaat Luar Biasa dari Pare (Part 1)

Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Lely N

Sabtu, 11 Juli 2015 | 13:23


Analisadaily – Pare atau Peria merupakan tumbuhan merambat yang berasal dari keluarga labu-labuan. Banyak yang menyebut tanaman ini dengan sebutan labu pahit, karena pare memang memiliki rasa yang pahit.

Meskipun tanaman ini jarang dikonsumsi karena rasanya yang pahit, namun tak sedikit yang menjadikannya sebagai panganan favorit, terutama diolah menjadi sayuran yang enak.

Namun, dibalik rasanya yang pahit ternyata tanaman ini banyak manfaatnya bagi kesehatan kita. Berikut in beberapa manfaat kesehatan dari mengkonsumsi pare, seperti dikutip dari laman Juicing for Health :

1. Kandungan gizi

Pare sangat baik dikonsumsi karena kaya akan vitamin dan mineral, seperti B1, B2, B3 dan vitamin C, serta kaya akan magnesium, folat, zinc, fosfor, mangan dan memiliki serat yang tinggi. Selain itu, pare juga rendah akan kalori.

2. Gangguan darah

Jus pare sangat bermanfaat untuk mengobati kelainan darah, seperti darah mendidih dan gatal-gatal karena toksemia. Campur 2 ons pare segar dengan beberapa air jeruk nipis, lalu minum secara perlahan ketika perut kosong setiap hari selama antara 4 - 6 bulan.

3. Diabetes

Pare mengandung senyawa hipoglikemik (insulin tanaman) yang sangat bermanfaat dalam menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh. Mengkonsumsi jus pare telah terbukti secara signifikan dapat menstabilkan kadar glukosa di dalam tubuh tanpa meningkatkan kadar insulin darah.

4. Energi

Konsumsi secara teratur jus pare telah terbukti dapat meningkatkan energi dan stamina. Bahkan, jus pare juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.


Bagaimana? Yuk konsumsi Pare...
 

No comments :

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.