Wednesday, August 24, 2011

Degan Bakar : Proses-Manfaat-Dan Rasa


Kelapa Muda atau biasa disebut degan enak dinikmati dengan dicampur dengan es dan pemanis (gula/sirup) atau diminum seadanya Kesejukannya spontan terasa begitu cairan dingin Es Degan mengaliri kerongkongan. Apa lagi bila diteguk ditengah hari yang terik membakar, terasa menyegarkan bukan? Namun bagaimana jika fenomena ini dibalik? Degan, disajikan dalam keadaan panas seperti halnya wedang jahe, untuk menghangatkan badan di saat cuaca dingin atau hujan?
Mengapa tidak? Degan bakar, entah siapa yang memberi nama demikian, atau mungkin hanya sekadar numpang beken terhadap sebutan-sebutan kuliner yang mengandung kata “bakar” yang sekarang sedang menjadi trend seperti halnya es krim bakar dan bakso bakar. Atau karena namanya diambil sesuai dengan proses pengolahannya, dibakar, maka disebut lah dengan degan bakar, who knows?
Yang jelas, degan bakar, merupakan buah kelapa hijau muda yang dibakar di atas bara api berbahan arang di dalam sebuah tungku besar minimal tiga jam sampai air dalam buah kelapa mendidih. Skali bakar 5 - 10 degan sekaligus. Agar lebih mudah membolak-balik degan yang sedang dibakar, di atas arang diberi anyaman kawat atau besi laiknya panggangan sate.  Setelah air degan mendidih, Degan bakar-pun disajikan lebih bervariasi tanpa aturan baku dengan tambahan rempah lainnya,  seperti  oleh Pak Musalim, pedagang degan bakar di  Kendal  yaitu dengan menambahkan jahe, jeruk, madu atau telor  atau Pak Kumis, yang menyajikannya dengan mencampur rempah herbal , kayu manis, kapulaga cengkeh, kedaung, daun pandan,  dan sereh sehingga degan bakar bisa lebih berkhasiat dari sekedar minuman segar di saat haus.
Sebenarnya, tanpa dibakarpun, air degan selain sebagai penetralisir racun, bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C - nya. Lebih dari itu, kandungan mineral dan ion dalam air kelapa mempunyai kemiripan dengan struktur cairan tubuh. Karenanya, di era perang, air kelapa dijadikan infus untuk mengobati tentara yang terluka sebagai pengganti infus sebenarnya.

Lalu adakah khasiat lainnya dengan mendidihkan  air degan tadi? Minuman degan bakar memang tidak berbeda jauh dengan minuman kesehatan lain yang mengandalkan rempah. yang menjadikannya berbeda ketika menggunakan medium air kelapa sebagai sarana. Konon kelapa muda bakar diyakini mengandung khasiat yang dapat menyembuhkan bermacam penyakit dari asam urat, kolesterol, darah tinggi, kencing batu, ginjal hingga menghancurkan lemak. bahkan untuk kaum adam  bisa menambah vitalitas.Untuk pasutri yang belum punya keturunan, bisa cepat punya momongan. Untuk manula,pegal, linu dan encok juga reumatik di badan-pun hilang, seperti apa yang dialami oleh pak Kumis, sebelum dia membuka warung degan bakarnya di daerah Klender, Jakarta Timur.
Bagaimana dengan rasanya? Rasanya khas banget, air kelapanya rasanya berbeda dari biasanya, air kelapa muda yang manis berpadu padan dengan aroma rempah-rempah. Rasa hangat begitu terasa dalam tenggrokkan. Ada pencicip yang mengatakan, rasa air kelapanya hampir kayak rasa minum kopi semi air pisang rebus. Lain lagi menurut salah satu konsumen tetap Pak Musalim pernah mengatakan "Rasanya seperti jamu.” Tak hanya itu, daging kelapa mudanyapun  juga punya rasa berbeda, tidak senikmat daging kelapa muda biasa, daging kelapanya terasa lebih lembut dan empuk, Yang jelas, keringat pun mengalir deras usai menenggak habis kelapa bakar. Tertarik? Silahkan hunting sendiri di kota anda ya, harganya tak mahal kog, bervariasi antara Rp 6,000 hingga Rp.10.000 :)


Sumber :

No comments :

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.