Thursday, April 12, 2012

Selasih, Si Mungil Yang Menyegarkan Dan Kaya Manfaat



Biji selasih yang banyak digunakan sebagai campuran minuman ini bentuknya sangat unik. Warnanya hitam berselimut selaput bening dengan ukuran sangat mungil. Selain digunakan sebagai minuman yang menyejukkan, selasih juga dapat digunakan dalam pengobatan tradisional. Hmm... penasaran?

Mungkin Anda sering memanfaatkan biji selasih untuk  campuran minuman es campur karena rasanya yang segar dan menyejukkan. Tetapi sesungguhnya selasih tak hanya terbatas sebagai campuran minuman saja. Selasih atau yang bernama latin Ocimum Basillicum ternyata memiliki segudang manfaat.

Selasih dapat menghasilkan minyak atsiri atau yang dikenal dengan nama basil oil. Minyak ini digunakan sebagai bahan pembuatan parfum, shampo, dan aroma terapi. Selain itu di berbagai negara termasuk Indonesia, selasih memiliki manfaat tradisional mengobati berbagai macam penyakit.

Di Cina misalnya tanaman ini digunakan sebagi obat infeksi,
sakit perut, gigitan ular, serangga, obat demam hingga sebagai obat kanker. Sedangkan di indonesia selasih sering digunakan untuk menambah nafsu makan, membantu pencernaan, menyehatkan jantung, mengobati batuk, menurunkan panas, dan lain sebagainya.

Ada baiknya merendam sendiri biji selasih daripada membelinya dalam bentuk sudah siap makan. Selain lebih bersih, murah juga lebih segar. Jika ingin lebih cepat, rendam saja biji selasih dengan air hangat.

Nah, jika sudah tahu khasiat si mungil selasih. Tak ada salahnya jika sering-sering meminum
campuran biji selasih pada minuman dengan. Selain segar, sejuk, juga menyehatkan

No comments :

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.