Saturday, April 14, 2012

Buah Nangka, si Kuning Gading Penangkal Kanker

 

Nangka adalah buah berdaging yang terkenal karena rasa lezat aromatik. Bentuk mentahnya bisa dijadikan sayur, sementara yang sudah matang berasa lezat. Buah matangnya bisa dijadikan topping makanan penutup atau campuran salad.
Buah ini tumbuh di iklim tropis yang lembab. Banyak tumbuh di India, Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Pohonnya dapat tumbuh hingga ketinggian hampir 30 meter, dan berbuah hingga 250 buah. Berat satu buah bervariasi antara 3 – 30 kg. Kulit luarnya seperti duri yang lembut. Nangka mengandung vitamin A, vitamin C, thiamin, riboflavin, niacin, kalsium, potasium, besi, dan magnesium. Beberapa manfaat kesehatan nangka seperti dimuat di lifemojo, meliputi:
  • Memastikan perut atau usus lebih sehat. Nangka baik untuk pencernaan dan dapat membantu penyembuhan borok dan gangguan pencernaan. Selain itu, serat yang tinggi pada buahnya mencegah sembelit dan membantu buang air besar lebih lancar dan teratur. Seratnya juga melindungi selaput lendir usus besar dengan menjauhkan bahan kimia karsinogenik dari usus besar.
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh. Nangka merupakan sumber yang sangat baik dari vitmain C, antioksidan kuat yang membantu mencegah pilek dan infeksi. Vitamin C membantu berfungsinya sistem kekebalan tubuh dengan mendukung fungsi sel-sel darah putih.
  • Perlindungan terhadap kanker. Selain mengandung vitamin C (antioksidan kuat), nangka juga kaya fitonutrien seperti lignan, isoflavon dan saponin yang dapat melawan kanker. Fitonutrien ini juga membantu menghilangkan radikal bebas dari tubuh penyebab kanker dan memperlambat degenerasi sel yang dapat menyebabkan penyakit degeneratif.
  • Menurunkan tekanan darah. Nangka merupakan sumber makanan kaya kalium, sekitar 300 mg dalam 100 gram nangka. Kalium penting bagi tubuh karena membantu menjaga cairan tubuh dan keseimbangan elektrolit dalam sel-sel tubuh dan membantu mengatur tekanan darah, sehingga mengurangi risik jantung dan stroke.
  • Membantu penglihatan. Buah ini mengandung vitamin A, antioksidan kuat yang bermanfaat untuk penglihatan. Vitamin ini juga menjaga kesehatan kulit dan selaput lendir serta menaikkan fungsi sistem kekebalan tubuh.
  • Meningkatkan energi. Nangka dianggap sebagai buah pembangkit energi karena kandungan gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa. Makan buah ini membuat merasa direvitalisasi seketika.
  • Manfaat lain. Buah nangka mengandung mineral seperti mangan, besi, dan magnesium. Besi mencegah anemia, mangan serta magnesium penting untuk kesehatan tulang. Magnesium penting dalam penyerapan kalium dan bekerja dengan kalsium membantu tulang tetap kuat dan mencegah gangguan yang berhubungan dengan tulang. Mangan diperlukan dalam tubuh membantun tulang dan jaringan ikat. Nangka juga mengandung banyak vitamin B seperti riboflavin, vitamin B6, asam folat dan niasin. Niasin penting dalam menjaga kesehatan kulit dan sistem saraf, sementara vitamin B6 membantu mengurangi kadar homosistein dalam darah (peningkatan kadar homosistein berhubungan dengan penyakit kardiovaskular).
 Sumber : Intisari Online

No comments :

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.