Tuesday, November 4, 2014

Peran Serta Murbei (Mulberry) Dalam Perawatan Kulit dan Peremajaan Rambut

Tanaman mulberry yang di Indonesia disebut murbei atau arbei, merupakan tumbuhan semak, yang dapat menjadi pohon dengan tinggi mencapai 10m. Letak daun murbei berselang-seling, bentuknya bundar telur atau sampai lonjong, pangkalnya berbentuk jantung, tetapi ada juga yang tidak berbentuk jantung. Permukaan daun murbei tidak berbulu. Bulu terdapat pada tulang daun. Tepi daun bergigi, tangkai daun 1-4cm. Murbei/Mulberry merupakan tanaman dengan daun penghasil klorofil yang awalnya dikenal sebagai makanan istimewa ulat sutra. Jika tidak makan daun ini, ulat sutra tidak menghasilkan sutra yang baik. Oleh karena itu, banyak petani yang membudidayakan tanaman ini untuk membudidayakan ulat sutra.

Mulberry adalah jenis tanaman yang tumbuh dengan sinar matahari sehingga tanaman ini dapat tumbuh pada ketinggian100m dari permukaan laut. Buahnya, jika sudah matang (yang bewarna hitam)  akan terasa manis, sehingga banyak disukai orang. .Murbei ini sebenarnya merupakan tanaman asli Persia. Tanaman ini masuk dalam  famili Moraceae, dan genus: Morus. dengan nama ilmiah: Morus nigra. L. dan di Spanyol dikenal dengan nama moras.

Kebaikan murbei untuk kulit menurut Hygiea Journal

Morus Alba atau yang di Cina dikenal dengan nama Sangye, diketahui mengandung antioksidan yang tinggi. Oleh karena itu Ekstrak Mulberry banyak digunakan sebagai komponen pencerah kulit, baik kulit wajah maupun kulit tubuh.

1. Bahan Anti-Aging:
Mulberry, kaya akan antioksidan alami antosianin. Jenis antioksidan ini lebih kuat dibanding antioksidan dalam buah lainnya. Antioksidan ini dapat membantu melindungi kulit dari efek radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini..

2. Membersihkan wajah:

Antioksida dalam mulberry juga dapat membantu menghilangkan bintik-bintik gelap dan memudarkan noda-noda hitam di wajah

3. Mencerahkan kulit:

Ekstrak Mulberry dapat membantu mengatur pembentukan melanin di kulit, dimana produksi melanin yang berlebih akan membuat warna kulit menjadi lebih gelap. Ekstrak Mulberry menetralisir kelebihan melanin dalam kulit sehingga kulit menjadi lebih cerah. 

4. Mencegah kerusakan sel kulit:
Ekstrak Mulberry juga mengandung asam galat, flavonoid dan tanin. Komponen ini dapat membantu mencegah kerusakan sel kulit

5. Meremajakan kulit:
Murbei, mengandung resveratrol, senyawa golongan anti oksidan polyphenol flavonoid yang mampu menggantikan sel-sel kulit yang rusak

6. Merawat Kulit Kering dan Sensitif:

Untuk menutrisi kulit Anda dari luar, Anda bisa mengoleskan krim atau lotion dengan kandungan mulberry, yang dicampur dengan VCO atau minyak zaitun, pada seluruh bagian tubuh terutama pada bagian kulit yang lebih kering, Kandungan vitamin C yg cukup tinggi (36.4 mg per 100, about 61% of RDI) pada mulberry mampu menahan kadar air di kulit sekaligus melembabkannya.

Mulberry: Hair Benefits

1. Mempertahankan warna rambut Anda :

Tahukah anda bahwa produksi melanin di rambut Anda ditingkatkan oleh murbei? Dengan murbei Anda dapat mempertahankan warna alami rambut Anda. Hal ini merupakan berita baik buat mereka yang beruban dini sebelum usia lanjut. Minumlah jus murbei secara teratur untuk meningkatkan produksi melanin rambut  Anda agar terbebas dari uban dan jika Anda ingin memiliki rambut sehat.

2. Memicu pertumbuhan rambut:

Jika Anda menderita kerontokan rambut, penggunaan ekstrak/jus murbei adalah pilihan yang aman dan alami. Oleskan jus murbei ke rambut Anda untuk memicu pertumbuhannya.

3. Meremajakan Folikel Rambut:

Seperti telah disebut sebelumnya, bahwa murbei berperan penting dalam menyehatkan rambut Anda serta  menumbuhkan rambut anda, hal ini juga berlaku untuk para penderita kanker yang telah menjalani kemoterapi. Penderita kanker yang telah menjalani kemoterapi biasanya kekurangan senyawa penumbuh rambut. Dengan mengkonsumsi ektrak/jus murbei, folikel rambutnya akan diremajakan sehingga terhindar dari kebotakan atau kerontokan rambut.

Sumber:
http://white-neng.com/?p=122
http://www.nutrition-and-you.com/mulberries.html
http://www.stylecraze.com/articles/amazing-health-benefits-of-mulberries/
http://nangimam.blogspot.com/2014/01/kandungan-dan-manfaat-buah-murbei.html

No comments :

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.