Saturday, October 25, 2014

Air Kelapa dan Santan Untuk Perawatan Rambut, Apa Bisa?



Kelapa memang benar-benar mempunyai segudang manfaat. Dari akar pohonya, buah sampai daun dan sisa cangkangnya berguna. Kali ini soal air kelapa untuk kesehatan dan Perawatan rambut,apa iya sih?

Air kelapa tidak hanya sekedar bisa digunakan sebagai bahan dalam pembuatan masakan, namun air kelapa juga menjadi bahan yang tepat untuk merawat rambut. Berikut adalah 3 manfaat air kelapa untuk perawatan rambut:

1. Melembabkan rambut kering yang mudah patah

Rambut kering akan lebih mudah patah. Untuk mengatasi rambut kering yang mudah patah,  cara terbaik yang bisa kita lakukan pastilah dengan mengembalikan kelembaban rambut. Air kelapa bisa kita gunakan untuk melembabkan rambut. Kandungan vitamin C pada air kelapa bisa mengurangi minyak sekaligus memberi kelembaban. Cara membuat ramuannya adalah dengan mencampur air kelapa dari kelapa yang tidak begitu tua dengan air biasa. Perbandingannya satu banding satu. Selanjutnya basuhkan ke rambut setiap habis keramas.

2. Menghilangkan ketombe

Air kelapa yang mengandung tanin yang bisa menjadi antibakteri dan vitamin C yang mampu menghilangkan ketombe. Jika dipadu dengan nanas dan jeruk nipis, ramuan ini akan lebih sempurna.
Parut setengah butir kelapa tua dan seperempat nanas mengkal, campurkan dengan air kelapa 100ml, selanjutnya saring untuk diambil airnya.  Tambahkan perasan satu buah jeruk nipis dan biarkan selama 15 menit. Anda bisa menggunakan ramuan ini untuk keramas seminggu sekali.

3. Melembutkan rambut kasar secara alami.

Rambut yang terlalu sering di-rebonding atau di-ion menyebabkannya rambut menjadi kasar dan keriting (nge-krus). Untuk melembutkan rambut kasar dan bergelombang tadi menjadi lurus alami, coba parut dan peraslah setengah butir kelapa yang sudah tua, selanjutnya ambil santannya kira-kira menjadi 200cc, aduk dengan beberapa tetes air perasan buah jeruk lemon, kemudian dinginkan dalam lemari es selama beberapa jam. Oleskan dengan segera busa kental yang berada di lapisan paling atas ramuan ke sluruh rambut dengan cara ditarik. Tutup dengan handuk hangat selama 15-20 menit kemudian keramaslah seperti biasa. Lakukan hal ini minim sekali seminggu.

4. Memperlambat pertumbuhan uban


Stres dan menggunakan shampo yang tidak cocok bisa menyebabkan rambut uban tumbuh lebih cepat meski usia masih muda. Santan kelapa bisa bermanfaat untuk menunda dan mencegah munculnya rambut uban. Bahkan ketika usia seseorang sudah lanjut, santan kelapa bisa mengurangi jumlah uban yang mungkin bertambah.Untuk mendapatkan manfaat ini, kali ini Anda  membutuhkan parutan buah kelapa yang sudah tua, dan memerasnya sampai keluar santan. Tambahkan garam pada santan, lalu embunkan semalam. Esoknya tinggal dioleskan pada rambut.

Bagaimana hasilnya? Silahkan dicoba, jika berhasil komen ya ? :)

Sumber :
http://www.carahidupsehatalami.info/manfaat-air-dan-santan-kelapa-untuk-rambut/
http://www.techutch.com/2014/03/12/how-to-make-straight-hair-naturally-curly-hair-solution/

Gambar : www.theironyou.com
 http://www. testkitchentuesday.com
http://www.natural-health-foods.com
http://www.buyfood.com.au
 http://www.techutch.com/
 http://www.almosthealthylife.com/
http://airkelapahijau.blogspot .com

No comments :

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.