Sunday, October 26, 2014

Kacang Panjang dan Diabetes Type II


Kacang panjang merupakan sayuran yang tidak asing lagi untuk masyarakat Indonesia. Kacang yang satu ini sering kita temui dalam masakan sehari-hari, baik itu masakan rumah ataupun masakan restoran. Ada yang memasaknya dengan cara ditumis, ada juga yang menjadikannya sebagai lalapan mentah.

Namun meskipun kacang panjang begitu populer sebagai makanan, saya yakin tidak semua orang mengetahui kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat dalam sayuran ini. Padahal, kacang panjang memiliki kandungan vitamin dan mineral cukup tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan. Apalagi untuk penderita Diabetes Millitus Type II yang mana organ pankreasnya tak dapat memproduksi insulin secara cukup.

Nah, untuk menambah pengetahuan Anda tentang kesehatan, berikut ini kami sajikan ulasan mengenai kandungan nutrisi kacang panjang serta manfaatnya bagi kesehatan. Cekidot..!


Kandungan Nutrisi Kacang Panjang


Kacang panjang mengandung berbagai nutrisi penting bagi tubuh Anda, di antaranya:

Sumber Protein

Dengan kandungan protein sebesar 8,3 gram dalam tiap 100 gram kacang panjang rebus, maka kacang panjang menjadi salah satu sumber protein nabati yang baik untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh kita setiap harinya.

Vitamin B Kompleks

Dalam tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 146 mcg folat (37% kebutuhan); 0,2 mg thiamin (14% kebutuhan); 0,1 mg vitamin B6 (5% kebutuhan); 0,1 mg riboflavin (4% kebutuhan); 0,4 mg asam pantotenat (4% kebutuhan); dan 0,6 mg niacin (3% kebutuhan). Berbagai vitamin B kompleks yang terkandung dalam kacang panjang tersebut merupakan nutrisi penting bagi tubuh kita.

Secara umum vitamin B kompleks memiliki fungsi penting dalam produksi energi dan fungsi saraf dalam tubuh kita, sehingga kekurangan vitamin B biasanya ditandai dengan kelelahan dan kurangnya tenaga.

Mengandung Serat Tinggi

Kacang panjang adalah sayuran yang kaya serat. Dalam tiap 100 gram kacang panjang rebus, terdapat kandungan serat mencapai 4 gram atau memenuhi 15% kebutuhan serat harian kita. Serat dalam kacang panjang tersedia dalam bentuk pektin, yang merupakan serat larut, sehingga sangat baik untuk membantu menjaga kadar gula darah dalam level normal, juga untuk metabolisme lemak yang normal.

Kandungan Mineral Kacang Panjang


Kacang panjang juga kaya akan berbagai mineral, antara lain:

Kalsium

Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 42 mg kalsium (4% kebutuhan). Kalsium adalah mineral penting bagi pembentukan tulang dan gigi yang sehat dan kuat, juga untuk fungsi saraf dan otot yang optimal.

Zat Besi

Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 2,6 mg zat besi (15% kebutuhan). Zat besi adalah komponen penting bagi pembentukan enzim untuk berbagai reaksi kimia dalam tubuh, serta pembentukan komponen utama dari sel darah merah dan sel-sel otot.

Magnesium

Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 98 mg magnesium (25% kebutuhan), di mana mineral ini sangat penting bagi kesehatan tulang dan gigi, fungsi saraf dan otot, serta aktivitas enzim dalam tubuh.

Mangan

Tiap 100 gram kacang panjang rebus juga mengandung 0,5 mg mangan (24% kebutuhan). Mangan penting bagi aktivitas enzim, serta untuk metabolisme karbohidrat dan kesehatan sendi.

Fosfor

Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 181 mg fosfor (18% kebutuhan), yang juga penting untuk produksi energi, serta pembentukan tulang dan gigi.

Tembaga

Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 0,2 mg tembaga (11% kebutuhan). Tembaga penting bagi kesehatan kulit, juga meningkatkan daya tahan tubuh terhadap stres dan penyakit.

Kalium

Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 315 mg potassium (9% kebutuhan), yang penting bagi fungsi saraf dan otot kita.

Zinc

Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 1,1 mg zinc atau seng (7% kebutuhan). Zinc merupakan komponen enzim yang berperan dalam pembentukan sel darah merah dan tulang.

Selenium

Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 2,8 mcg selenium (4% kebutuhan), di mana selenium adalah mineral penting untuk sintesa enzim, juga berperan sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas dalam tubuh kita.

Jus Kacang Panjang Untuk Penderita Diabetes Type II

Setelah mengetahui kandungan nutrisi yang ada dalam kacang panjang sekarang mari kita telaah manfaatnya untuk penderita Diabetes TypeII. Menurut Paavo Airola ND, PhD, ahli kedokteran naturopati yang memperoleh keahliannya dari Inggris dan Swedia jus kacang panjang akan merangsang jaringan pankreas dalam memproduksi insulin. Karena itu, minum jus kacang panjang secara teratur, makan lima kali sehari dalam porsi kecil serta latihan olahraga yang teratur akan mengerem kadar gula dalam darah.
Keyakinan Paavo ini dipublikasikan oleh Dr John Heinerman lewat bukunya Heinerman’s Encyclopedia of Healing Juices.
“Tidak ada bahan alami yang lebih baik untuk menangkal diabetes mellitus selain jus kacangpanjang. saya menganjurkan pasien saya meminumnya satu cangkir tepat setiap pagi, siang,sore dan malamnya.”
Selain menganjurkan jus kacang panjang, Paavo juga meminta pasiennya untuk mengubah jam makan menjadi lima kali sehari dengan menambah menu jus wartel dan tomat.
“Dari penelitian sepuluh tahun, jus kacang panjang amat efektif merangsang kerja pankreas, limpa dan liver,” jelasnya.
Heinerman menyebutkan, dalam satu cangkir jus kacang panjang terdapat 41 mg kalsium, 42 mg fosfor, 1,14 mg zat besi, 6 mg sodium, 230 mg potasium, 735 IU vitamin A, 40 mg asam folic, 17,9 mg vitamin C, dan 27 mg magnesium.
——————–
Bagaimana cara membuat jus kacang panjang? Berikut cara membuat Kombinasi jus Apel, Tomat, dan Kacang Panjang
Bahan-bahan : 4-6 helai kacang panjang, 1 Buah Tomat Sedang serta 1 buah Apel sedang
Cara membuat :Potong-potong kecil semua bahan. Masukkan ke dalam blender, tambahkan air secukupnya. Blender sampai halus. Tuang ke dalam gelas dan minum. Minum jus kombinasi ini 3 kali sehari.
——————–
Catatan: Untuk menghindari bahaya peptisida, sebaiknya kacang panjang yang dipakai adalah kacang panjang organik atau dari kebun sendiri. Cara tanamnya mudah, bisa memakai media tanam hidroponik seperti contoh berikut: 
Persiapan Media Tanaman


cara membungkus akar dgn busa bekas saringan ikan dan ditempatkan di mangkok mini bekas agar2/jely snack

air setelah melalui akar tanaman masuk kembali ke dalam sirkulasi di bagian kotak filter
air setelah melalui akar tanaman masuk kembali ke dalam sirkulasi di bagian kotak filter
panen kacang panjang, bisa dipanen 3 minggu setelah ditanam

kacang panjang hidroponik yg telah siap utk dipanen, rasanya manis dan cocok utk lalapan
Sumber
http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2013/08/kandungan-nutrisi-dan-manfaat-kacang-panjang.html
http://masalahkewanitaan.wordpress.com/2013/09/20/jus-untuk-penderita-diabetes-type-2/

 

Sumber gambar
 http://sumansutra.wordpress.com/tanaman-hidroponik/
 Http://selaparanglanang.blogspot.com
Http://infowongtani.blogspot.com

No comments :

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.